Golden T Game Engine

Game Programming for Java Programmer
Selamat Datang di Tutorial Golden T Game Engine (GTGE)
Kata Pengantar

Golden T Game Engine (GTGE) merupakan sebuah 2D Game Library / Game SDK (Software Development Kit) untuk membuat game yang berkualitas dengan mudah.
GTGE merupakan kumpulan fungsi bahasa pemograman Java (pustaka Java), yang artinya Anda akan menggunakan bahasa pemograman Java untuk membuat game dengan GTGE.

GTGE diagramGTGE merupakan suatu pustaka lapisan tingkat tinggi (High Level Interface), artinya programmer tidak perlu mengkhawatirkan perintah tingkat rendah lagi (yang menyangkut perintah ke hardware komputer). GTGE mencoba menutupi (namun tidak mengunci) fungsi tingkat rendah tersebut dengan menempatkan programmer pada lapisan yang paling baik agar programmer dapat membuat game dengan senyaman mungkin. GTGE memberikan akses ke fungsi hardware tersebut secara langsung dengan cara yang paling mudah.
Kami menfokuskan untuk membuat suatu engine game yang benar-benar mudah untuk digunakan namun tetap fleksibel dan tangguh untuk dapat membuat segala jenis game.

Singkatnya GTGE merupakan kumpulan fungsi-fungsi siap pakai untuk membuat game, seperti fungsi untuk penggambaran ke layar, polling keyboard dan mouse, pemanggilan suara atau musik, dll. Fungsi-fungsi inilah yang disebut dengan Game Engine.

Fitur-fitur GTGE dapat dilihat di halaman depan situs GTGE :
http://www.goldenstudios.or.id/products/GTGE/

Dan pastikan untuk melihat standar desain yang kami gunakan dalam membuat GTGE untuk mengerti tujuan kami :
http://www.goldenstudios.or.id/products/GTGE/designstandard.php

Masih belum yakin untuk menggunakan GTGE? Ada pertanyaan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan GTGE?
Silakan tanyakan di guest room kami.
Download

Seluruh komponen GTGE (pustaka, dokumentasi, tutorial) dibundel dalam satu buah file ZIP yang dapat didownload secara gratis di :
[kunjungi situs resmi GTGE di http://www.goldenstudios.or.id untuk mendownload GTGE versi yang terbaru]

* GTGE.ZIP

Gunakan pembuka format file ZIP seperti WinZip untuk membongkar isi file zip tersebut ke suatu folder.
Struktur direktori yang terbentuk adalah sebagai berikut :
[direktori_unzip]
\ [GTGE]
\ golden_x_x_x.jar : pustaka GTGE
\ CHANGELOG.html : catatan perubahan GTGE
\ [docs] : Dokumentasi API GTGE
\ [tutorials] : tutorial ini
\ [src] : contoh kode program dari tutorial ini
dimana:
[xxx] = direktori
xxx = file

Dan untuk menggunakan seluruh fitur GTGE (OpenGL renderer, MP3 dan OGG player, dll) download GTGE add-ons di :
http://www.goldenstudios.or.id/products/utilities/
Tutorial Golden T Game Engine (GTGE)

Beberapa catatan sebelum kita mulai tutorial ini :

* Tutorial ini terdiri atas bab-bab, setiap bab terdiri dari bagian pengantar, isi, kesimpulan, dan referensi.
* Pada bagian pengantar berisi apa yang akan dipelajari dan tujuan dari bab tersebut.
* Pada bagian isi dijelaskan isi dari bab secara terperinci.
* Pada bagian kesimpulan berisi garis besar isi bab ataupun jawaban dari tujuan bab (yang disebutkan pada bagian pengantar).
* Pada bagian referensi berisi link-link yang berkaitan dengan bab yang bersangkutan (link akan dibuka pada jendela baru).
* Juga terdapat link URL ke buku-buku referensi/relevan yang berkaitan dengan topik dari bab yang bersangkutan yang terletak di atas bagian referensi
(bagian ini hanya akan terlihat apabila komputer Anda terhubung ke internet).
* Apabila Anda membaca tutorial ini secara offline (Anda mendownload tutorial ini), tutorial ini akan mencoba membuka setiap link secara offline juga apabila memungkinkan.
Misalnya link ke dokumentasi GTGE API akan dibaca secara relatif (../[docs]), sedangkan link ke halaman situs Java akan langsung mengakses ke internet.
* Hampir seluruh bab memiliki contoh kode program yang terdapat di folder [src].

Catatan lainnya :

* Tutorial ini (keseluruhan isinya) ditujukan bagi pemula, baik pemula dalam bahasa pemograman Java maupun yang benar-benar pemula dalam bahasa pemograman.
* Bagi yang telah cukup paham Java, Anda dapat melewati bagian isi dan hanya membaca bagian pengantar dan kesimpulan, serta melihat contoh kode program (bagian isi hanya untuk pemula).
* Bagi yang telah mahir, Anda dapat mengerti bagaimana GTGE bekerja hanya dengan melihat contoh kode program (kode program memiliki komentar yang cukup lengkap untuk dapat mengerti kode tersebut), tetapi kami tetap menyarankan untuk membaca bagian pengantar dan kesimpulan dari tutorial ini.

Bab-bab Tutorial Golden T Game Engine (GTGE)

Tutorial ini terdiri dari 12 bab :

1. Pendahuluan (bab ini)
Menjelaskan sedikit mengenai GTGE dan apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan GTGE.
2. Instalasi
Hal-hal yang mesti diset agar GTGE dapat dijalankan.
3. GTGE Ditinjau Secara Keseluruhan
Garis besar isi GTGE.
4. Inisialisasi Game Baru
Kode program awal memulai pembuatan game dengan GTGE.
5. Memilih Mode Grafis Game
Memilih lingkungan grafis game, apakah itu windowed, fullscreen, atau applet (game yang terpasang pada halaman web).
6. Kemampuan Engine-Engine GTGE
Menjelaskan seluruh engine GTGE dan bagaimana menggunakannya.

6 bab pertama merupakan tutorial bagian pertama, yang kami sebut dengan "Tutorial Fondasi". Disebut fondasi karena dalam 6 bab ini apa yang disebut dengan Game Engine (inti GTGE) dan dasar penggunaan GTGE telah selesai dikupas. Dengan hanya menguasai bab fondasi ini, Anda sudah dapat membuat game karena Anda sudah dibekali engine (peralatan dasar) yang dibutuhkan untuk membuat game dalam 6 bab ini.

6 bab selanjutnya merupakan implementasi/solusi GTGE akan penanganan objek-objek dalam game (sprite, latar game, tubrukan) yang dalam istilah game disebut dengan manajemen sprite, kami sebut tutorial ini dengan "Tutorial Objek Game". Bagian ini opsional untuk dipelajari, tetapi dengan menguasai bagian ini pembuatan game akan jauh lebih mudah!
7. Sprite
Menjelaskan pengertian sprite dan cara penggunaannya.
8. Latar Game
Bagaimana cara membuat latar dalam game.
9. Pengelompokan Sprite
Mengelompokkan sprite yang berkarakteristik sama.
10. Bagaimana dengan Tubrukan!?
Memaparkan sistem tubrukan (collision) dalam GTGE.
11. Saatnya Bermain!
Mengotomatisasi game dengan meletakkan seluruh objek game ke dalam arena bermain.
12. Akhir dari Tutorial??
Hal-hal PENTING lainnya yang perlu untuk diketahui.

Tutorial 1
PENDAHULUAN

Blok kalimat ini berisi mengenai isi bab secara garis besar.
Pada bab pendahuluan ini akan diuraikan apa saja yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan GTGE, mulai dari download Java SDK, instalasi, setting, serta dasar kemampuan programming yang diperlukan.
Tujuan : Mengerti dasar-dasar yang dibutuhkan untuk dapat menggunakan GTGE.

collapse/expand

Ada 2 hal yang diperlukan (hanya satu yang harus) untuk menjalankan GTGE :

1. Java SDK (Software Development Kit) versi 1.4 ke atas.
Karena GTGE dibangun diatas bahasa pemograman Java, atau lebih tepatnya Anda akan menggunakan Java untuk membuat game dengan menggunakan pustaka GTGE, untuk itu yang pertama sekali diperlukan adalah Java SDK untuk dapat membuat program aplikasi Java.
Java SDK dapat didownload secara gratis di http://java.sun.com/j2se/.
Instalasi Java: setelah mendownload dan menginstall Java SDK (jalankan auto installer), hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mensetting path dan classpath sistem komputer Anda.
Klik [start] menu Windows (kiri bawah layar), buka [run], lalu ketik "sysedit" untuk mengedit file autoexec.bat (start -> run -> ketik "sysedit").
Tambahkan baris ini :

file :: autoexec.bat

PATH=[java_installed_dir]\BIN;%PATH%
SET CLASSPATH=[java_installed_dir]\LIB\TOOLS.JAR;.;%CLASSPATH%

dimana :
[java_installed_dir] = direktori dimana Anda menginstall Java
%PATH%, %CLASSPATH% = path, classpath sistem yang sebelumnya


Misal:
Java diinstall ke c:\j2sdk1.4.1

PATH=C:\J2SDK1.4.1\BIN;%PATH%
SET CLASSPATH=C:\J2SDK1.4.1\LIB\TOOLS.JAR;.;%CLASSPATH%

2. Java IDE (Integrated Development Environment).
Untuk memudahkan Anda mengetik kode program Java, kami menyarankan untuk memakai IDE, hal ini bersifat opsional, karena pengetikan kode program juga dapat dilakukan menggunakan teks editor apapun misalnya NotePad ataupun TextPad.
Untuk Java IDE, kami menyarankan GEL (http://www.gexperts.com/) sebuah Java IDE yang kecil, ringan, dan cepat, yang didesain khusus untuk sistem operasi Windows.

Catatan: Karena Java SDK lumayan besar untuk didownload Anda dapat mencarinya di toko CD komputer, atau bagi yang ingin (sejauh masih di Indonesia), dapat meminta kami untuk mengirimkan sebuah CD kompilasi kumpulan software freeware Java ke alamat Anda, yang berisi Java SDK, Java Dokumentasi, Java IDE, dan tool-tool penting Java lainnya. Silakan hubungi kami di pauwui@yahoo.com (sertakan nama dan alamat lengkap Anda untuk alamat pengiriman!).

Kesulitan dalam menginstall Java SDK? Silahkan tanyakan di forum kami.
Segala pertanyaan yang berkaitan dengan Java, GTGE, dan spesifik ke masalah game Anda dapat ditanyakan di forum kami. Kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menjawabnya!
Seluruh pertanyaan pada umumnya akan terjawab dalam jangka waktu 1 hari (24 jam).

Setelah seluruh kebutuhan untuk menjalankan Java/GTGE terpenuhi, setidaknya Anda menguasai 2 hal berikut untuk dapat menggunakan pustaka GTGE dengan baik :

1. Sintaks Bahasa Pemograman Java.
Tutorial sintaks Java sedang dalam pengerjaan, kunjungi forum kami untuk melihat update terbarunya.
2. Pemograman Berorientasi Objek dalam Java (Object Oriented Programming = OOP).
Tutorial OOP Java sedang dalam pengerjaan, kunjungi forum kami untuk melihat update terbarunya.

collapse/expand

Kesimpulan :

* GTGE merupakan pustaka Java untuk membuat game 2D.
* Untuk dapat menjalankan GTGE diperlukan Java SDK dan Java IDE (opsional).
* Untuk dapat menggunakan GTGE diperlukan penguasaan akan Sintaks Java dan Pemograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming = OOP).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar