Kompresor Gratis Di Windows ME

Sekitar tahun 2000 yang lalu, Microsoft selaku produsen sistem operasi Windows meluncurkan sistem operasi terbaru mereka, Windows Millenium Edition. Namanya sesuai dengan waktu yang kala itu di penghujung pergantian milenium. Selanjutkan akan kita sebut Windows ME saja kerena memang begitu singkatannnya.

Sistem operasi ini terlihat lebih modern jika dibandingkan dengan kakaknya, yaitu Windows 98 dan Windows 98 Second Edition. Ada berbagai update dan versi terbaru dari aplikasi standar bawaan Windows, seperti Windows Media Player, Internet Explorer, dan tambahan aplikasi editing video sederhana Windows Movie Maker. Hanya saja sebagai sistem operasi yang modern kala itu, belum lengkap rasanya bila tidak ada aplikasi kompresor untuk menangani format file ZIP misalnya.

Windows ME bukannya tidak memiliki kompresor standar layaknya Windows 2000 dan XP, tapi aplikasi ini tersembunyi. Bahkan jika Anda memilih opsi Full Installation saat menginstalnya, Windows ME belum juga menampilkannya. Nah, sekarang kita coba saja menampilkannya, begini caranya :

1. Klik [Start] > [Settings] > [Control Panel].

2. Buka menu [Add/Remove Programs].

3. Klik tab menu [Windows Setup].

4. Pilih komponen [System Tools] lalu klik tombol [Detail].

5. Beri tanda pada kotak [Compressed Folders].

6. Klik tombol [OK] lalu klik [OK] sekali lagi.

7. Windows akan menginstall opsi yang baru saja Anda buat. Jika telah selesai tekan tombol keluar yang ada pada pojok kanan atas jendela.

Sekarang coba klik kanan salah satu file atau folder, lalu pilih menu [Sent To] > [Compressed Folders]. Tak lama kemudian sebuah file ZIP akan langsung dibuat, seperti layaknya kita menggunakan kompresor standar di Windows 2000 dan XP (Gambar 2). Mengapa penulis memberi tanda kutip pada kata gratis yang ada di judul tulisan? Karena kita tidak sepenuhnya mendapatkan kompresor gratis, sebab sebelumnya kita harus membayar untuk menggunakan Windows ME. Sayangkan kalau tidak dimanfaatkan. Ya untuk keperluan standar cukup lumayan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar