Windows Media Player 11 Ripping CD Audio Ke Format MP3

Multimedia Player modern sudah mendukung banyak format file audio populer. Format audio yang populer diantaranya MP3, WMA dan WAV. Itu kalau yang modern. Untuk yang sedikit ‘tertinggal’ paling-paling cuma bisa memainkan file MP3. Tapi tenang saja, Windows Media Player sekarang sudah ‘mengijinkan Anda membuat koleksi MP3 dari CD Audio (pastinya yang orisinal).

Dulu, Windows Media Player hanya menyediakan format WMA untuk meripping CD Audio. Belakangan saat memasuki versi yang kesebelas fitur untuk meripping dalam format MP3 ditambahkan. Anda yang mempunyai MP3 player yang cuma bisa memainkan MP3 sekarang dapat memanfaatkan Windows Media Player tanpa perlu menginstal aplikasi lain.

Sebelum meripping, Windows Media Player perlu diatur dulu agar hasilnya sesuai dengan yang Anda harapkan. Begini caranya :

1. Eksekusi Windows Media Player 11.

2. Jika Anda masih menggunakan skin default, menu utama dari program ini tidak ditampilkan. Tekan tombol [Ctrl] + [M] untuk menampilkan menu bar.

3. Klik [Tool] > [Options…].

4. Pilih tab [Rip Music] yang ada pada jendela Options.

5. Pada frame Rip Settings ganti pilihan format menjadi mp3.

6. Anda juga dapat mengatur bit rate file MP3 yang akan dihasilkan. Semakin besar angkanya semakin bagus kualitasnya. Ukurannya juga tentu akan semakin besar. Standarnya adalah 128 Kbps.

7. Klik [OK] untuk menyimpan perubahan.

Nah, sekarang coba ripping CD Audio dengan cara yang biasa Anda gunakan. Tanpa perlu aplikasi konverter tambahan kini Anda sudah dapat membuat file MP3 dari CD Audio milik Anda. Tentunya yang orisinal ya!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar